Rabu, 16 Oktober 2013

Ketika Untuk Pertama Kalinya: Bisnis!

Hanya ingin sekedar bercerita sedikit tentang wirausaha menurut pendapat pribadi saya dan saya juga ingin berbagi beberapa pengalaman.

Bisnis yang pertama kali saya jalankan adalah bisnis jasa fotografi. Ketika menjalankan bisnis tersebut, saya mendapatkan berbagai pengalaman. Salah satu contohnya adalah saat saya belajar negosiasi, presentasi, koordinasi, dan lain-lain. Bukan saja secara teknis, namun saya pun belajar bagaimana sikap mental kita sebagai seorang pebisnis. Menurut pendapat saya, yang paling utama dalam sebuah bisnis adalah sikap/mental dan selalu berpikir optimis. Jika seorang pebisnis memiliki mental yang lemah, maka akan sulit untuk sukses. Salah satu contoh kecil adalah ketika kita menawarkan sebuah barang dagangan, kemudian ditolak oleh pembeli. Kejadian tersebut adalah hal biasa dalam bisnis dan tidak perlu merasa kecewa, malu, dan perasaan negatif lainnya. Tidak sedikit orang-orang yang ketika memulai bisnis yang baru berjalan selama beberapa bulan, karena keuntungannya terasa sedikit atau bahkan merugi terus, akhirnya mereka berhenti dan menyerah. Yang lebih buruk lagi adalah berpikir pesimis seperti tidak berani mencoba atau belum juga mulai mencoba berbisnis, sudah mengatakan "tidak bisa" atau "takut gagal". Seorang pebisnis harus berpikir optimis, kreatif dan inovatif, sebab tanpa 3 hal tersebut, bisnis akan sulit berkembang. Selain itu, seorang pebisnis harus berani meninggalkan "zona nyaman". Salah satu zona nyaman tersebut adalah bekerja sebagai karyawan. Bayangkan, serendah-rendahnya gaji karyawan, mereka tidak memiliki kekhawatiran di awal bulan, meskipun gaji yang diterima sangat sedikit. Minimal 10-15 hari dari awal bulan, kebutuhan pokok masih dapat terpenuhi. Sedangkan para pebisnis berpikir: "hari ini saya harus makan". Kekhawatiran seperti itu kerap muncul setiap harinya bagi para pebisnis. Akan tetapi, hal tersebut hanya sementara. Jika bisnis sudah sukses, hal tersebut tidak terlalu dikhawatirkan. Sangat perlu dicatat bahwa, saat berbisnis itu harus fokus. Jika memang ingin serius, maka jangan menjadikan bisnis yang dijalankan itu adalah "sampingan". Tinggalkan pekerjaan yang lain dan terus fokus terhadap bisnis yang dijalankan. Selain itu, sebagai pebisnis juga harus berani menanggung resiko dan berani mengambil keputusan.

Sekiranya begitulah sebagian pengalaman saya ketika pertama kali memulai berbisnis. Pada Intinya adalah saat berbisnis/wirausaha jangan mudah menyerah, harus fokus, berani meninggalkan "zona nyaman" dan harus selalu belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar